Jumat, 01 Januari 2016

KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT INDONESIA AKIBAT PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Teknologi komunikasi saat ini telah masuk dalm era digital dimana semua informasi dapat di akses menggunakan perangkat teknologi. Istilah teknologi berasal dari kata “techne” yang artinya cara dan kata “logos” yang artinya pengetahuan. Pengertian teknologi adalah sarana yang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan manusia. Pengertian komunikasi adalah aktivitas yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia sehari – hari.
Manusia memiliki fungsi dalam kehidupan yaitu sebagai individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi antara sesamanya hal ini merupakan kebutuhan sangat penting agar dapat selalu berinteraksi satu sama lainnya. Karena dasar kebutuhan tersebut,manusia berupaya mencari dan menciptakan alat untuk berkomunikasi, mulai dari gambar, isyarat, surat, telepon dan internet.
 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini sudah semakin pesat dan kemajuan teknologi secara tidak langsung sudah mengubah pola hidup masyarakat. Saat ini semua informasi yang ada di seluruh dunia dapat dengan mudah tersebar dan kita ketahui dengan adanya teknologi internet. Di zaman kini teknologi digital dapat menghubungkan manusia di belahan dunia manapun seolah membuat dunia sempit. Contohnya media sosial seperti twitter dan facebook selalu mengupdate segala informasi yang ada dalam hitungan menit saja. Dalam hal ini masyarakat dengan mudah terpengaruh mulai ketergantungan untuk selalu mengecek twitter ataupun facebook agar tidak ketinggalan informasi terkini.

Akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini menimbulkan beberapa dampak terhadap kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dalam hal sosial  budaya dampak negatinya seperti :

·          Pergerseran budaya lama menjadi budaya baru. Budaya lama mulai ditinggalkan karena dianggap tidak sesuai dengan kemajuan zaman, misalnya seperti remaja zaman kini lebih tertarik belajar tarian asing seperti suffle dance dibandingkan tarian tradisional.
·             Tindakan menyimpang seperti kenakalan remaja yang semakin meningkat, seperti tawuran antar pelajar, membully teman dan lain sebagainya.
·             Mulai pudarnya rasa cinta terhadap bangsa misalnya seperti remaja di zaman kini lebih bangga  berbicara menggunakan bahsa asing dibandingkan berbicara menggunakan bahasa Indonesia.
·            Penurunan moral seperti mulai kurangnya rasa sopan santun, di zaman kini lebih mengedepankan kebebasan meniru budaya bangsa barat.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tidak hanya menimbulkan beberapa hal negatif saja, tetapi menimbulkan beberapa hal positif yang dapat kita manfaatkan. Dalam hal sosial budaya dampak positif seperti :

·               Majunya suatu negara, berdampak dengan warga negaranya. Masyarakat menjadi disiplin, tekun, pekerja keras dan mampu bersaing
·               Mudahnya kita dalam berkomunikasi dengan individu lain yang jauh sekalipun
·               Mudahnya kita mendapatkan informasi terupdate
·               Mengembangkan kreatifitas kita misalnya dengan adanya internet kita dapat membuka toko online

Masih banyak lagi hal positif  dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kesimpulannya yaitu dengan adanya perkembangan teknologi kita sebagai mahluk sosial sebaiknya bisa menyikapi dengan baik agar tidak terbawa pengaruh buruk dengan adanya perkembangan teknologi. 



           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar