Sabtu, 01 Juni 2019

World Wide Web ( WWW )


World Wide Web (www) 

adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Sejarah WWW (World Wide Web) dan Perkembangannya 



Istilah WWW pertamakali ditemukan oleh Tim Berners-Lee, pada tahun 1991. Pada perkembangannya, World Wide Web telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini. Berikut penjelasannya:
·  Tahun 1989; Tim Berners Lee pertamakali mengungkapkan idenya membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi.
·  Tahun 1990: Tim Berners Lee menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yaitu HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
·    Tahun 1991: Tim Berners Lee menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
·   Tahun 1993: Marc Andersen dan timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic dan berbasis grafik untuk OS X-Windows.
·     Tahun 1994: Andersen bekerjasama dengan Jim Clark membuat Netscape yang kemudian menggantikan ketenaran Mosaic sebagai web browser.
·       Tahun 1995: Ada sekitar 300.000 website di internet dimana pada tahun sebelumnya hanya 50 website.
·       Tahun 2009: Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Foundation, dimana tujuannya adalah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Fungsi WWW ( World Wide Web)

Sesuai dari pengertian WWW diatas, maka WWW ini berfungsi untuk menyediakan data dan informasi apapun dan dari manapun agar dapat diakses orang lain dari seluruh bagian dunia. Dengan adanya WWW di internet dapat memberikan kemudahan dan kecanggihan pengguna internet secara lebih cepat dan mudah. WWW memungkinkan pengguna untuk berselancar dengan mudah hanya melalui sebuah alamat URL. Untuk mengakses WWW perlu menggunakan koneksi internet.
Manfaat WWW ( World Wide Web)
Secara umum, ada empat layanan dan manfaat World Wide Web diantaranya adalah:

1. Web Mail Service

Web mail service digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar. Layanan email gratis misalnya dari Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan email berbayar ini biasanya untuk keperluan perusahaan dengan menggunakan domain sendiri.

2. Search Engine

Search engine atau mesin pencari merupakan layanan gratis untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Search engine yang cukup populer saat ini adalah Google, dan Bing.

3. Web Hosting

Ini adalah tempat untuk menyimpan data base sebuah website. Sebuah website hanya bisa diakses jika domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat menyimpan data base.

Contoh WWW ( World Wide Web)

Berikut ini adalah beberapa contoh WWW :
·         www.google.com
·         www.maxmanroe.com
·         www.yahoo.com
·         www.facebook.com
·         www.twitter.com
·         www.youtube.com



Sumber : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar