Selasa, 17 Januari 2017

AIR TERCEMAR AKIBAT BAHAN LOGAM



KERACUNAN LOGAM BERAT PADA AIR TERCEMAR = LIMBAH AMPAS KOPI TERBUKTI TURUNKAN PENCEMARAN AIR AKIBAT LOGAM BERAT


Akhir-akhir ini kasus keracunan logam berat yang berasal dari air dan bahan pangan semakin meningkat jumlahnya. Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat hubungannya dengan penggunaan bahan tersebut oleh manusia.
Pencemaran lingkungan oleh logam berat dapat terjadi jika industri yang menggunakan logam tersebut tidak memperhatikan keselamatan lingkungan, terutama saat membuang limbahnya. Logam-logam tertentu dalam konsentrasi tinggi akan sangat berbahaya bila ditemukan di dalam lingkungan (air, tanah, dan udara).




                                          
                                               Air Tercemar Akibat Logam Berat (1)


Sumber utama kontaminan logam berat sesungguhnya berasal dari udara dan air yang mencemari tanah. Penyebab utama logam berat menjadi bahan pencemar berbahaya adalah karena sifatnya yang tidak dapat dihancurkan (nondegradable) oleh organisme hidup yang ada di lingkungan. Akibatnya, logam-logam tersebut terakumulasi ke lingkungan, terutama mengendap di dasar perairan membentuk senyawa kompleks bersama bahan organik dan anorganik secara adsorbsi dan kombinasi.


Karena maraknya kasus keracunan logam berat pada air, lima mahasiswa Univesitas Jember melalui penelitian mengubah ampas kopi menjadi bahan penyerap logam berat pada air yang tercemar.
Ampas kopi merupakan limbah yang seringkali dibuang dan tidak bernilai guna. Namun melalui penelitian lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Jember (FKM UNEJ), limbah ampas kopi menjadi bahan yang berguna untuk menyerap racun dalam air, khususnya logam berat Cadmium (Cd). Logam jenis ini dapat memicu banyak penyakit pada masyarakat.


                                                           Limbah Ampas Kopi (2)


Menurut Anita Dewi Moelyaningrum, dosen pembimbing di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, limbah industri dan limbah rumah tangga yang belum dikelola dengan baik, sering menjadi penyebab pencemaran lingkungan khususnya pada air tanah. Tiga unsur logam berat yaitu timah hitam, Merkuri dan Cadmium, sering ditemukan pada air tanah atau sumur yang tercemar logam berat akibat limbah industri dan rumah tangga.
Selama ini, limbah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) tidak dipilah antara yang organik dan anorganik. Limbah baterai, limbah plastik kemasan, limbah medis ada yang keluar ke TPA, selain itu limbah kemasan pestisida juga kadang-kadang masih bercampur di satu lokasi di tempat pembuangan akhir sampah.


Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/limbah-ampas-kopi-terbukti-turunkan-   pencemaran-logam-berat-pada-air-2







Tidak ada komentar:

Posting Komentar