Rabu, 18 Januari 2017

Ribuan Ikan di Muara Sungai Bengkulu Tengah Mati ?

Sungai di Bengkulu Tengah dipenuhi bangkai ikan. Tak diketahui pasti penyebab kematian ikan-ikan tersebut. Ada dugaan, terkait limbah tambak udang dan air tercemar logam berat..

Berbagai jenis ikan masih berserakan di sungai Kotong, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Rabu (28/9/2016). Menurut warga, ikan mati setelah limbah tambak udang dibuang ke sungai. Perusahaan tambak udang berada di muara sungai.



"Ikan mabuk, lalu dalam hitungan jam mati," kata Kenedi.


Warga menduga limbah tambak udang mengandung zat amoniak. Kejadian seperti itu sudah terjadi beberapa kali. Meski demikian, warga tetap memungut bangkai ikan untuk dikonsumsi.

Belum ada penjelasan dari instansi berwenang terkait kematian ribuan ikan tersebut. Dinas Pertanian atau Perikanan belum mengecek ke lokasi.


Kejadian ribuan ikan mati akibat tercemar oleh limbah suatu perusahaan atau air tercemar logam berat sudah sangat sering terjadi di daerah-daerah kawasan perindustrian. Seharusnya perusahaan lebih memerhatikan tempat pembuangan limbah hasil perusahaan tersebut, agar tidak merusak ekosistem lain.


Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3308756/ribuan-ikan-di-muara-sungai-bengkulu-tengah-mati-diduga-keracunan-limbah


.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar