KONSEP DASAR MULTIMEDIA & MULTIMEDIA INTERNET BASE
Dasar Multimedia
Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer .
Ada dua jenis multimedia yaitu :
1. Multimedia linear (tetap) : contoh multimedia
linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu
interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang
dihasilkan.
2. Multimedia Interaktif (dapat dikendalikan) : pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang
tersedia. Apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur
dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka
Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari
komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah
sesuai keinginan.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan-tujuan
dasar sebagai berikut :
1. Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi.
2. Mendorong partisipasi, eksploitasi dan interaksi
pemakai.3. Merancang panca indra, karena bersifat visual.
4. Memberikan kemudahan pemakai.
Elemen – elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang
mampu menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti.
Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai
memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks
antara lain plain text, rich format text, dan hyper text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu - Grafik Bitmap : disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
- Grafik Vektor : dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar
merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu.
Gambar terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
Pengunaan
suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi
yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar,
grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi
desiran angin tentu tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis
suara yaitu ucapan (speech), musik dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu :
1. MIDI ( Musical Instrument Digital Interface) merupakan
jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun
jenis fomat MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara
yang alamin seperti suara manusia, suara tetesa air dan lain-lain2. WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video
seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari
adegan dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung
juga elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan.
Dibanding dengan elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih
lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
- RGB (Red, Green, Blue)
- CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang
kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang
kreatif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang
disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan
multimedia di berbagai bidang :
1. Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit
pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS
dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan
dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
3. Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang
bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang
inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
4. Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam
berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang
digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat
membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang
elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya
serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang
, angka dan persamaan matematis.
5. Bidang Ilmu Pengetahuan dan
Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan
mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia
berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
6. Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan
internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi
dari sebuah simulasi kejadian.
7. Bidang Tranportasi dan Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk
menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk
sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan
kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking
memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah
obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi
yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk
mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan
dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia
dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan
sekarang ponsel-ponsel berbasis android sangat mudah dalam pengiriman
pesan multimedia.
Multimedia Dalam Aplikasi Umum
Pengaruh multimedia sangat besar dan berkembang secara
pesat di masyarakat umum. Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan
multimedia pada semua bidang kehidupan manusia. Dengan multimedia, informasi
yang ingin disampaikan akan lebih jelas, menarik, mudah dan efektif.
Selain itu penggunaan multimedia cukup mudah untuk dipelajari bagi masyarakat
awam sekalipun. Jika diamati lebih lanjut, dewasa ini masyarakat bahkan lebih
cerdas dalam mengunakan multimedia. Kemudahan multimedia membuat masyarakat
lebih tertarik menggunakan jasa internet untuk memasang iklan atau bahkan
belanja On-line. Di bidang pendidikan, guru tidak
perlu repot-repot mendemonstrasikan dengan gambar di papan tulis untuk
menjelaskan suatu materi pelajaran yang rumit dan sulit dijelaskan dengan
kata-kata. Guru cukup menggunakan proyektor yang terhubung dengan komputer atau
laptop untuk memberikan penjelasan melalui gambar, video dan animasi.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari
keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif
inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya akan
menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang diakibatkan
dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain penipuan, pornografi, perjudian,
pembobolan rekening dan lain-lain. Tentunya diwajibkan untuk masyarakat lebih
cerdas dalam penggunaan multimedia dan internet. Multimedia dan internet , antara keduanya memiliki
keterkaitan yang sangat erat dan sangat dibutuhkan masyarakat dalam era yang
serba cepat dan tepat. Multimedia dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk iklan ,
pemasaran, demo produk dan katalog. untuk lebih jelasnya akan dijajabarkan
beberapa aplikasi umum menggunakan multimedia.
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi periklanan, pemasaran, presentasi, demo produk, database, dan
komunikasi jaringan. Selain itu ada pelaku bisnis tetap dapat melakukan diskusi
dengan rekan bisnisnya dengan memanfaatkan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada
didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan
Dengan multimedia , guru dapat
menggunakan tutorial yang berisi gambar, video , animasi dan wacana untuk
memberikan materi. Dengan cara seperti ini mengubah proses belajar
mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga
proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton. Selain itu ada juga fasilitas
simulasi dan E-learning yang dapat membantu siswa dan pengajar
dalam mensimulasikan hal-hal yang sulit.
3. Rumah
Di rumah banyak media elektronik
yang dapat menyuguhkan elemen -elemen multimedia antara lain televisi, DVD
player, VDC player, video game ( Playstation, Sega, Nintendo, X box),
dan komputer tentunya. Penggunaan multimedia di rumah selain untuk hiburan yang
positif yaitu untuk media pembelajaran serta media pemersatu anggota keluarga.
Dengan menonton TV atau video bersama- sama dengan semua anggota keluarga (
Orang tua dan anak) tentu akan mendekatkan ikatan keluarga serta membantu
pengawasan dalam penggunaan multimedia.
4. Tempat umum
Melalui internet dan fasilitas
multimedia , masyarakat akan dengan mudah menemukan informasi suatu tempat umum
baik secara letak, kondisi jalan dan kondisi cuaca. Selain
itu, aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi
seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat
hiburan dan sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk
memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan.
Internet memiliki sejarah yang panjang dari awal ditemukannya
sampai saat ini. Sejak ditemukan sekitar tahun 1969, internet mengalami
banyak pengembangan dan perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat ini.
Internet juga memiliki suatu sistem yang menghubungkan antara komputer
satu dengan komputer yang lainnya yang masing - masing terpisah oleh
suatu jarak dan harus berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous.
Synchronous adalah suatu sistem dimana interaksi antara komponen - komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara bersamaan atau real time. Sedangkan asynchronous adalah proses interaksi yang terjadi dalam waktu yang bersamaan. Jadi, internet based adalah suatu sistem atau proses
yang menghubungkan pengguna internet dengan berbagai macam sumber
pengetahuan yang saling berinteraksi baik secara synchronus maupun asynchronous berbasis teknologi informasi dengan antar web.
Daftar Pustaka :
http://slowisnotsmart.blogspot.com/2015/09/konsep-dasar-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar