Selasa, 10 Januari 2017

KEBAKARAN HUTAN DI INDONESIA


Ilmu ekologi seharusnya diterapkan bagi kehidupan kita dalam menjalani segala aktifitas yang berhubungan dengan alam sekitar. Ilmu ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

            Contohnya mengenai kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia pada tahun 2016 ini. Kebakaran hutan ini terjadi di pulau Sumatera dan Kalimantan yang disebabkan oleh ulah orang-orang yang tak bertanggung jawab telah melakukan pembakaran lahan hutan. Seharusnya lingkungan yang ada disekitar kita haruslah dirawat dan dilindungi, jangan sampai kita merusak hanya untuk kepentingan seorang tanpa memikirkan sebab dan akibatnya.

 Ada dua macam dampak yang diakibatkan oleh kebakaran hutan ini antara lain, yaitu dampak sosial dan dampak ekologis. Contoh dampak sosial seperti, terganggunya aktivitas sehari-hari karena adanya kabut asap yang timbul dari kebakaran hutan, bahkan dampak ini tidak hanya dirasakan oleh negara kita saja tetapi, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga merasakan kabut asap. contoh lainnya seperti terganggunya kesehatan akibat kabut asap yang terhirup, hilangnya mata pencaharian seseorang apalagi mereka yang menggantungkan hidupnya dari hasil mengelolah hasil hutan.

            Dampak ekologisnya seperti, hilangnya sejumlah speies hewan yang ada di hutan yang dapat mengancam kepunahan suatu spesies tertentu dan hilangnya jenis tumbuhan-tumbuhan yang ada didalam hutan. Selain itu dapat terjadinya erosi, dan bencana alam seperti banjir, tanah longsor daan kekeringan. Dari semua penjelasan diatas maka dari itu, marilah kita lindungi lingkungan sekitar kita, marilah kita peduli akan indahnya alam yang hijau dan terawat dan hindari sikap individual yang hanya mengikuti keserakahan dan keuntungan diri sendiri.

 


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar